Senin, 26 November 2012

MAKALAH PENGINTEGRASIAN (MSDM 2)



KATA PENGANTAR

Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena dengan semua karunia-Nya  kami  dapat menyelesaikan makalah ini tepat waktu. Makalah ini kami buat bertujuan untuk melengkapi tugas Mata Kuliah MSDM II (PENGINTEGRASIAN  ), selain itu makalah ini juaga bertujuan supaya pembaca dapat mengetahui dan memahami secara jelas mengenai Pengintegrasian

Kami menyadari  sepenuhnya bahwa makalah ini tidak mungkin dapat terselesaikan dengan baik tanpa adanya dorongan dan bimbingan dari beberapa pihak. Ucapan terimakasih kepada
1         Pak Untung Widodo SE,MM Selaku dosen pembimbing Mata Kuliah Managemen
2        Seluruh pihak yang  telah membantu dalam menyelesaikan makalah ini.
Demikian makalah ini kami susun, semoga dapat bermanfaat bagi penyusun khususnya dan pembaca pada umumnya. Saran dan kritik yang membangun sangat kamiharapkan demi kasempurnaan makalah ini.



Semarang, 21 November 2012










BAB I

PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang Masalah
Indikator penginegrasian menciptakan suatu hubangan kerja sama yang baik antara perusahan dengan karyawan sehingga tercapinnya tujuan kebersamaan baik dari pihak Perusahan maupun Karyawan secara Efektif dan efisien demi mewujudkan Visi dan Misi Perusahaan

1.2 Tujuan
A.  Tujuan Umum Agar mahasiswa lebih memahami tentang indikator Pengintegrasian.
B. Tujuan khusus
Ø  Agar Mahasiswa dapat menjelaskan definisi Pengintegrasian
Ø  Agar Mahasiswa dengan mudah menjelaskan mamfaat Pengintegrasian bagi  Perusahan
Ø  Agar Mahasiswa dapat menjelaskan Faktor-Faktor Pengintegrasian 



1.3 Rumusan Masalah
Dari pemaparan di atas dapat disimpulkan permasalahan yang ditimbulkan sbb:
A.    Apa pengertian pengintegrasian?
B.     Apa saja yang mendorong faktor-faktor pengintegrasian?
C.     Apa saja metode-metode pengintegrasian yang anda ketahui?






BAB II
ISI

2.1 Pengertian Pengintegrasian 


Integrasi berasal dari bahasa inggris "integration" yang berarti kesempurnaan atau keseluruhan, Sedangkan Integrasi di tinjau dari kamus besar bahasa indonesia artinya yaitu :  Pembauran hingga menjadi kesatuan yang utu atau bulat. Jadi Pengintegrasian adalah Pembauran antar Perusahaan dan Karyawan demi mencapai suatu kesempurnaan  organisasi yang secara utuh atau bulat.
            Penginterasian (Integrastion) ialah Fungsi oprassional Managemen personalia yang terpenting, sulit dan kompeks untuk merealisasikan. Hal ini disebabkan karena karyawan/Manusia bersifat Dinamis dan mempunyai pikiran,perasaan, harga diri,sifat, serta membawah latar belakang,perilaku,keinginan, dan kebutuhan yang berbeda-beda dalam organisasi perusahaan.
            Karyawan tidak dapat di perlakukan seenaknnya seperti menggunakan Faktor-Faktor Produksi lainnya (Mesin,Modal,atau bahan baku). Karyawan juga harus diikut sertakan dalam setiap kegiatan serta memberikan peran aktif untuk menggunakan alat-alat yang ada. Karena tanpa peran aktif karyawan, alat-alat cangih yang dimiliki tidak ada artinya bagi perusahaan untuk mencapi tujuannya. Tujuan perusahaan hanya dapat dicapai jika para karyawan bergairah bekerja, mengarahkan kemampuannya dalam menyelesaikan pekerjaan, serta berkeinginan untuk mencapi prestasi kerja yang optimal. Jika karyawan kurang berprestasi maka sulit bagi organisasi perusahaan dapat memperoleh hasil yang baik. Hal ini mengharuskan pemimpin menggunakan kewenangannya untuk mengubah sikap dan perilaku karyawan supaya mau bekerja giat serta berkeinginan mencapai hasil yang optimal.

Pengintegrasian 

Adalah kegiatan menyatu padukan keinginan karyawan dan seluruh kepentingan perusahaan, agar tercipta  kerja sama yang baik antara perusahaan dan karyawan serta menimbulkan dan memberikan memberikan rasa kepuasan dan puasan.
            Usaha pengintegrasian dilakukan melalui hubungan antara manusia (Human Relation), Motivasi,  kepemimpinan, kesepakatan kerja bersama (KKB), dan Collectiv Bargaining.
            Jadi pengintegrasian adalah hal yang sangat penting dan merupakan salah satu kunci untuk mencapai hasi yang baik bagi perusahaan maupun terhadap karyawan sehingga memberikan kepuasan kepada semua pihak. Karyawan dapat memenuhi kebutuhannya dan perusahaan dapat tercapai semua tujuan-tujuannya.

Tujuan pengintegrasian.

            Tujuan pengintegrasian adalah memanfaatkan karyawan agar mereka bersedia bekerja keras dan berpartisipasi aktif dalam menunjang tercapainya tujuan organisasi serta terpenuhinya kebutuhan karyawan. Dengan tercapainya tujuan dari organisasi, perusahan akan mendapan laba yang besar dan terpenuhinya kebutuhan karyawan dalam perusahan itu maka loyalitas karyawan akan tercipta.

Prinsip pengintegrasian.

            Prinsip pengintegrasian adalah menciptakan kerja sama yang baik dan saling menguntungkan. Jadi dalam prinsip ini perusahan dan karyawannya dituntut berusaha agar bagaimana kerja sama yang baik harus benar-benar ada dalam organisasi,dan dalam prinsip ini perusahan dan karyawannya akan saling menguntungkan.

Metode pengintegrasian.
 
            Metode-metode pengintegrasian yang kita kenal adalah sbb:
1)      Hubungan antar manusia (Human Relations)
2)      Motivasi (Motivation)
3)      Kepemimpinan (Leadership)
4)      Kesepakatan kerja bersama (KKB)
5)      Collective Bargaining


2.2 Hubungan antara manusia.
 
            Hubungan antara manusia  (Human Relation) adalah kemanusiaan yang harmonis,tercipta atas kesadaran dan kesediaan melebur keinginan Individu demi terpadunya kepentingan bersama. Tujuannaya adalah menghasilkan integrasi yang cukup kukuh, mendorong kerja sama yang produktif  dan kreatif  untuk mencapai sasaran bersama. Manajer dalam menciptakan hubungan antar manusia yang harmonis  memerlukan kecakapan dan keterampilan tentang komunikasi, psikologi, sosiologi, antropologi, da etologi, sehingga dia memahami serta dapat mengatasi masalah-masalah dalam hubungan kemanusiaan.


2.3Pengertian Motif dan Motivasi


Motif adalah suatu perangsag keinginan (want) dan daya penggerak kemauan bekerja seseorang. Setiap motif mempunyai tujuan tertentu yang ingin dicapai (Penulis). Perbedaan pengertian keinginan (want) dan kebutuhan (needs) adalah keinginan (want) dari setiap orang berbeda karena dipengaruhi oleh selera, latar belakang dan lingkungannya, sedangkan kebutuhan (needs) semua orang adalah sama.



Motivasi berasal dari kata latin movere yang berartin dorongan atau menggerakkan. Motivasi (motivation) dalam manajemen hanya ditujukan pada sumber daya manusia umumnya dan bawahan khususnya. Motivasi mempersoalkan bagaimana caranya mengarahkan daya dan potensi bawahan, agar mau bekerja sama secara produktif berhasil mencapai dan mewujudkan tujuan yang telah ditentukan.
Pentingnya motivasi karena motivasi adalah hal yang menyebabkan, menyalurkan dan mendukung perilaku manusia, supaya mau bekerja giat dan antusias mencapai hasil yang optimal.Motivasi semakin penting karena manajer membagikan pekerjaan pada
bawahannya untuk dikerjakan dengan baik dan terintegrasi kepada tujuan yang diinginkan.

Perterson dan Plowman mengatakan bahwa orang mau bekerja karena faktorfaktor berikut :
A.    The desire to live (keinginan untuk hidup)
B.     The desire for position (keinginan untuk suatu posisi)
C.     The desire for power (keinginan akan kekuasaan).
D.    The desire for recognation (keinginan akan pengakuan)
Motivasi adalah dorongan yang timbul pada diri seseorang secara sadar atau tidak sadar untuk melakukan suatu tindakan dng tujuan tertentu.
 usaha yg dapat menyebabkan seseorang atau kelompok orang tertentu tergerak melakukan sesuatu karena ingin mencapai tujuan yg dikehendakinya atau mendapat kepuasan deng perbuatannya
pemberian daya penggerak yang menciptakan kegairahan kerja seseorang agar mereka mau bekerja sama, bekerja efektif dan terintegrasi dengan segala daya upayanya untuk mencapai kepuasan.
















BAB III
PENUTUP

Demikian yang dapat kami paparkan mengenai materi yang menjadi pokok bahasan dalam makalah ini, tentunya masih banyak kekurangan dan kelemahannya, kerena terbatasnya pengetahuan dan kurangnya rujukan atau referensi yang ada hubungannya dengan judul makalah ini.Kami banyak berharap para pembaca yang budiman bisa  memberikan kritik dan saran yang membangun kepada penulis demi sempurnanya makalah ini dan dan penulisan makalah di kesempatan-kesempatan berikutnya. Semoga makalah ini berguna bagi penulis pada khususnya juga para pembaca yang budiman pada umumnya.

 Kesimpulan.

Pengintergarsian memanglah merupakan satu hal penting dari sekian banyak hal penting dalam sebuah organisasi atau perusahaan.dimana dalam pengintgresian pasti terjadinya proses saling membutukan ,saling memuaskan,saling menguntukan.
Dengan prinsip,tujuan dan metode-metode yang ada dalam pengintegrasian karyawan akan memberikan yang etrbaik bagi perusahannya.Karyawan akan bekerja dengan secara akibat juga dipengaruhi oleh faktor-faktor motivasi dari perusahaan.lain kata perusahan memberikan dorongan agar supaya karyawannya mau bekerja secara loyal untuk mencapai tujuan-tujuan perusahan
            Di samping itu umpan balik dilakukan oleh perusahan terhadap karyawanya dengan cara pemenuhan kebutuhan bagi karyawan. Jadi kebutuhan karyawan terpenuhi dan tujuan – tujuan perusahaan tercapai akan menimbulkan dapmpak saling menguntukan antara perusahan dengan karyawannya



DARTAR PUSTAKA









1 komentar:

Yang bagus